BACA KOMIK DALAM BAHASA INDONESIA TERBARU !

Sabtu, 26 Maret 2011

Observasi Kantin Sekolah

LATAR BELAKANG

Pada masa kini sekolah menjadi tempat kedua di mana anak-anak sekolah menghabiskan waktu . lebih dari sebagian waktu mereka di habiskan di sekolah . di karenakan hal ini banyak anak sekolah yang sakit dan lemah karena kurang makan . maka banyak anak sekolah yang memilih makan di luar yang tidak di tanggung kebersihannya . akibatnya banyak orang tua yang khawatir akan akan kesehatan dan kebersihan makanan di luar rumah . hanya saja banyak anak sekolah yang tidak peduli bagaimana kebersihan makanan tersebut . di sinilah kami mengambilkesimpulan pentingnya Kantin sekolah . fasilitas sekolah yang seharusnya dapat menjaga apa yang di khawatirkan oleh orang tua serta murid sendiri .


IDENTIFIKASI

Tidak adanya pengawasan dr orang tua membuat para orang tua cemas akan bagaimana kebersihan makanan anaknya di luar . selain itu pula banyak berita-berita tentang kebersihan seperti di temukannya bahan-bahan berbahaya yang seharusnya tidak di gunakan dalam makanan . inilah yang membuat pentingnya Kantin sekolah, karena kantin sekolah termasuk fasilitas sekolah sehingga orang tua sedikit lega dan percaya pada Kantin sekolah untuk menggantikan makanan anak mereka di sekolah . maka kami mengambil kantin Harapan sbagai sampel .


OBSERVASI

Inilah hasil observasi kami, kami menanyakan kepada beberapa murid SMA Harapan 1 tentang “Bagaimana komentar kamu tentang Kantin Sekolah kita?” :
·       Chairunnisa Fajrina
“Kantin kita saya rasa kurang besar dan terkadang jorok dan bau, kalau soal makanannya tidak ada masalah, hanya saja sedikit mahal dr luaran”
·       Syahrul Reza
“menurut saya kantin kita kurang rapi dan sejuk, suasananya itu gelap dan agak kotor dan gak enak, makanannya sih sudah enak tapi agak mahal”
·       Rizka Sofira
“menurut aku kantin kita itu terlalu rame dan jadi sumpek ngliatnya karena suasananya sendiri gak mendukung, trus harga makanannya gak cocok buat uang saku anak sekolah”
·       Indah Ardhina
“kantin kita itu kurang banyak bangku, makanan juga kurang bervariasi, trus aku juga pernah denger kalo ada yang nemuin ulat gt di makanannya, kan jadi jijik”





RUMUSAN MASALAH

Dari Observasi di atas kami dapat merumuskan masalah yaitu :
Fasilitas Kantin di sekolah bertujuan agar orang tua tidak lagi perlu mengkhawatirkan masalah kebersihan makanan anaknya yang hampir seharian menghabiskan waktu di sekolah, termasuk jam makan siangnya namun banyak rumor yang beredar tentang kantin sekolah . sehingga kita dapat rumusan masalah  
bagaimana kebersihan makanan yang di jual di kantin sekolah? .
Lalu saat kantin sekolah menjadi satu-satu yang mungkin aman untuk membeli makanan muncul lagi masalah baru yaitu tentang harga . saat kami mencoba membandingkan antara harga makanan di luaran dengan yang terdapat di kantin sekolah kami mendapatkan perbedaan yang cukup signifikan . sehingga timbul masalah
bagaimana mengubah/menurunkan harga makanan yang cukup jauh dr luar kantin?.
Kemudian masalah suasana yang ramai dan ini membuat sebagian anak malas ke kantin sekolah, karena di sanalah semua anak dari setiap unit berkumpul sehingga suasana sangat ramai lalu muncullah permasalahan bagaimana mengatasi keramaian di kantin?.

PENYELESAIAN MASALAH

Pertanyaan :
·       Bagaimana cara menjaga kebersihan makanan yang di jual di kantin sekolah?
Salah satu cara menjaga kebersihan makanan adalah membawa makan dari rumah . namun dalam hal makanan pada kantin sekolah kita bisa meminta sekolah untuk mengawasi bagaimana kebersihan makanan pada kantin sekolah, selain itu kita juga dapat melakukan kebersihan sendiri seperti membuang sampah bekas makanan ke tempat sampah atau mengelap sendok dan garpu sebelum makan .

·       bagaimana mengubah/menurunkan harga makanan yang cukup jauh dr luar kantin?
Dalam observasi harga seharusnya kita menerima, karena dari kenaikan harga ini kita mungkin bisa mendapatkan hal kebersihan seperti yang kita pertanyakan di atas tadi . namun pada kenyataan yang kami dapatkan hal ini tidak kami dapatkan . maka penyelesaian masalah ini adalah menaikkan kualitas makanan sehingga seseorang tidak mengeluh harga karena apa yang mereka dapatkan sebanding dengan apa yang mereka beri .

·       bagaimana mengatasi keramaian di kantin?
Cara mengatasi masalah keramaian adalah :
·             Cara pertama adalah memisahkan kantin-kantin setiap unit .
·             Cara kedua adalah membedakan jam istirahat setiap unit sehingga setiap unit bs bergantian memakai kantin .




RAGAM MAKANAN DI KANTIN SEKOLAH HARAPAN :

PAPARONS
MARTABAK
ROTI
BURGER
BAKSO GORENG
KUE
BAKSO
MIE AYAM
SNACK
SATE PADANG
NASI GORENG
NASI SAYUR
NASI SOTO
ROTI BAKAR
MIE GORENG
SPAGHETTY
YOGURTH
THE POCI
MINUMAN SOFTDRINK
Ice tea gopek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar