BACA KOMIK DALAM BAHASA INDONESIA TERBARU !

Selasa, 28 Februari 2012

ISBD : MANUSIA, KERAGAMAN, DAN KESEDERAJATAN


Apa yang terlintas ketika mendengar kata keberagaman atau ragam. Pasti adalah benyak hal yang berbeda-beda. Kalau kita melihat di kamus besar bahasa indonesia adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan dalam berbagai bidang, terutama suku bangsa dan ras, agama dan keyakinan, dan keyakinan ideologi, sopan santun sertya situasi ekonomi.
Kesederajatan dalam kehidupan sehari-hari dapat diartikan persamaan kedudukan, jabatan, kepentingan, hak dan kewajiban. Secara lainya kesederajatan adalah suatu kondisi dimana dalam perbedaan dan keberagaman yang ada menusia tetap memiliki satu kedudukanyang sama dan tingkatan hierarki yang sama.
Pengaruh keberagaman terhadap kehidupan beragama, bermasyarakat,bernegara, dan kehidupan global amatlah dalam. Namun kemajemukan ini dapat berakibat disharmonisasi, perilaku diskriminatif, dan pengeksklusivan. Problematika diskriminasi ini sangatlah mungkin terjadi karena di Indinesia sendiri terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan ras. Diskriminasi sendiri memiliki arti setiap tindakan yang melakukan pembedaan terhadap seseorang atau sekelompok orang berdasarkan ras, agama, etnis, kelompok, golongan dan lain-lain.
UU yang menentang adanya diskriminasi ini terdapat pada UUD 45 pasal 281 ayat (2) dan pasal 3 UU No. 30 tahun 1999 tentang HAM. Ini menunjukan bahwa hukum yang mengatur HAM pada dasarnyamenunjukan bahwa diskriminasi telah menjadi realitas yang problematik. Dalam demokrasi seharusnya diskriminasi telah ditiadakan. Namun pada dasarnya diskriminasi tidak terjadi begitu saja. Faktor penyebabnya adalah 1) persaingan yang semakin ketat dalam berbagai bidang kehidupan. 2) tekanan dan intimidasi biasanya dilakukan oleh kelompok yang dominan terhadap kelompok dibawahnya atau yang lebih lemah. 3) ketikberdayaan golongan miskin akan intimidasi yang mereka dapatkan.
Problematika lain yang timbul dan harus diwaspadai adalah disintegrasi bangsa.ada enam faktur utama bubarnya sebuah negara, yaitu :
1.      Kegagalan kepemimpinan, inilah yang sekarang yang sedang terjadi di Indonesia. Seharusnya pemimpin bisa menjaga dan melaksanakan komitmennya kepada masyarakat.
2.      Krisis ekonomi yang akut dan berlangsung lama
3.      Krisis politik, tidak adanya kepercayaan masyarakat terhadap elit politik bahkan elit politik itu pun pecah dengan sendirinya akibat ketidaksepahaman. Hilangnya solidaritas sehingga melemahkan pelayanan terhadap publik.
4.      Krisis sosial, yang dimulai ketidakharmonisan. Bermula dari konflik kekerasan yang bersifar SARA.
5.      Demoralisasi tentara dan polisi.
6.      Intervensi asing, seperti tekanan akibat ketergantungan atau utang yang terlalu banyak. Yang pada misinya untuk memecah belah bangsa, seperti yang terjadi di ace dan pepua.
Solusi yang diambil adalah kembali memahami arti bhineka tunggal ika. Bangsa indonesia memiliki budi luhur yang sama dan di bentuk dari perjuangan di tempat yang berbeda-beda namun tetap satu cita-cita untuk merdeka. Oleh sebab perlu dipahami betul makna BHINEKA TUNGGAL IKA ini.
Selain itu ada juga faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya. Ada faktor yang berasal dari luar masyarakat.seperti a)alkulturisasi, yaitu masuknya tau membaurnya unsur budaya asing ke budaya sendiri seperti yang sekarang terjadi. Tidak hanya globalisasi tapi juga westernisasi. b)difusi, penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu tempat ke tempat lain. c)penetrasi, masuknya unsur-unsur kebudayaan asing secaratidak paksa dan paksa yang merusak kebudayaan bangsa yang didatangi. d)invasi, masuknya unsur-unsur kebudayaan asing kedalam kebudayaan setempat dengan peperangan. e)asimilasi, proses penyesuaian seseorang atau kelompok orang asing terhadap kebudayaan setempat. f)hibridasi, perubahan kebudayaan akibat perkawinan. g)milenarisasi, yaitu merupakan bentuk suatu gerakan kebangkitan, yang berusaha mengangkat golongan baeah yang telah lama tertindas dan menderita. Selain itu juga ada perubahan yang terjadi karena pengaruh dari dalam. Yaitu a)sistem pendidikan yang maju b)menghargai hasil mkarya orang lain. c)adanya keterbukaan di dalam masyarakat. d)adanya toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang e)penduduk yang heterogen,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar