BACA KOMIK DALAM BAHASA INDONESIA TERBARU !

Selasa, 28 Februari 2012

ISBD : MANUSIA DAN LINGKUNGAN




Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk pada aturan-aturan Tuhan. Sedangkan lingkungan merupakan suatu media di mana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupan dan memiliki karakter serta fungsi yang khas. Namun perlahan tapi pasti, manusia telah merusak kualitas lingkungan di mana dia berpijak. Degradasi kualitas lingkungan tempat kita berpijak di muka bumi ini lambat laun mengalami tahapan mengkhawatirkan, padahal kehidupan manusia tidak dapat di dipisahkan dari lingkungannya. Manusia tidak menyadari ancaman yang berada di depan mereka. Semakin ke depan semakin problematika manusia dan lingkungan semakin sulit di tengahi.

Eratnya korelasi manusia dan lingkungan saat ini tidak lagi menjadi pertimbangan manusia dalam bertindak terhadap lingkungan. Di lihat dalam hubungannya bisa saja manusia kehilangan tempat untuk hidup, tumbuh dan berkembang jika manusia terus menerus semena-mena terhadap alam. Walaupun pada hakikatnya manusia mempunyai kewajiban untuk menjaga keselarasan dengan lingkungan. Tetapi yang terlihat sekarang adalah manusia menyalahgunakan potensi yang mereka miliki dengan merusak lingkungan karena motif ekonomi dan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di sekitar manusia di bagi dua yaitu:
·         Sumber Daya Alam yang dapat di perbarui (renewable resources, biotik) yang tergolong ke dalam sumber alam ini adalah semua makhluk hidup, hutan, hewan-hewan, dan tumbuhan-tumbuhan.
·         Sumber Daya Alam yang tidak dapat di perbarui (nonrenewable resources, abiotik) yang tergolong ke dalam sumber abiotik adalah tanah, air, bahan-bahan galian, mineral, dan bahan-bahan tambang lainnya.
Dengan pengetahuan di atas seharusnya manusia dapat mengambil keputusan untuk merubah gaya hidup yang tidak memperdulikan lingkungan dan SDA yang kian lama kian terbatas.
Salah satu cara merubah gaya hidup adalah dengan menggunakan IPTEK untuk melestarikan hidup dan lingkungan. Dampak perkembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat memperbaiki lingkungan dan meminimalisir pemakaian SDA abiotik. Kemudian melalui IPTEK manusia dapat memperbaiki sosial ekonomi dan mengubah pola pikir merusak lingkungan untuk mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya (motif ekonomi).
Ada pula dampak positif IPTEK bagi kelestarian lingkungan adalah:
·         Memperluas lapangan kerja
·         Menjadikan tanaman sebagai bahan baku industri
·         Terciptanya mesin daur ulang sampah
·         Meningkatkan ekspor migas dan non-migas
·         Bertambahnya varietas unggul
·         Di kenalnya sistem pemupukan
Sedangkan dampak negatif yang di peroleh dari Iptek terhadap lingkungan adalah:
·         Lahan semakin sempit
·         Pencemaran tanah dan udara akibat pemupukan berlebihan contohnya
·         Menambah limbah industri
·         Pemadatan tanah oleh alat berat
·         Ilegal loging

Dari pemaparan di atas dapat di simpulkan bahwa manusia lah yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Sebuah keputusan dari manusia dapat berakibat baik dan buruk oleh karena itu manusia haruslah memikirkan matang berbagai tindak tanduk mereka. Keseimbang manusia dan lingkungan berada di tangan manusia, maka sedapat mungkin manusia haruslah dapat menakar serta mengukur sebuah iptek, serta dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dengan demikian manusia dan lingkungan dapat hidup secara seimbang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar