BACA KOMIK DALAM BAHASA INDONESIA TERBARU !

Selasa, 28 Februari 2012

ISBD : MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI


Bagi yang lulusan SMAnya dari jurusan IPA, pasti tidak asing dengan sebutan kataSains, kalau dulu di SD Sains adalah pelajaran yang menyangkut seluruh ilmu pengetahuan alam namun sains sendiri menurut kamus besar bahasa Indonesia
 memiliki arti ilmu pengetahuan yang teratur (sistematis) yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita atau secara nyata. Dalam berbagai macam kasus, teknologi dapat dipahami dan diartikan dengan berbagai pengertian. Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Adapun tiga macam teknologi yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu:
1.      Teknologi modern
2.      Teknologi madya
3.      Teknologi tradisional
Seni merupakan hal dianggap umum sebagal tradisi atau hal yang bersifat indah, secara garis besar Seni merupakan keahlian membuat karya yang bermutu yang dilihat dari segi kehalusannya keindahannya dan sebagainya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatankan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil. Namun sudah sifat manusia yang tidak pernah puas, terpenuhi satu keinginan maka akan timbul keinginan lain.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan diperisapkan dalam menghadapinya sesuia kebutuhan bangunan. Tekhnologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, tekhnologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dalam menghadapi era teknologi modern manusia senantiasa beradaptasi dengan tuntutan demi mendapatkan teknologi yang lebih maju. Dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan. Dengan iptek tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat bermanfaat dalam berbagai bidang, antara lain:
1.      Dalam bidang pertanian, peternakan dan perikanan
2.      Dalam bidang kedoteran dan kesehatan
3.      Dalam bidang telekomunikasi
4.      Dalam bidang pertahanan dan keamanan
Penyalahgunaan dalam iptek dewasa ini semakin menjadi-jadi. Dampak berkembang pesatnya teknologi yang ditandai dengan kemudahan dan teknologi yang serba komputerisasi telah dapat kita rasakan. Bahkan mengancam kelangfsungan hidup orang banyak didunia. Seperti penemuan teknologi nuklir yang saat ini yang masih hangat adalah peristiwa pembangkit listrik tenaga nuklir dijepang yang mengakibatkan pencemaran zat radiao aktif dilingkungan. Yang lebih mengerikan lagi adalah peristiwa dimasa lau pada perang dunia kedua. Yaitu bom hirosima dan nagasaki yang dampaknya masih dirasakan sampai saat ini. Bom nuklir tersebut juga disebut pemusnah massal karena dara ledaknya yang tinggi dan efek pasca meledaknya pun juga mengerikan. Perkembangan iptek juga mengakibatkan bertambahnya polusi di dunia. Isu pemanasan global pun menjadi isu yang mulai lama-kelamaan dirasakan dampaknya. Perindustrian sebagai hasil perkembangan iptek menjadi salah satu faktor tingginya polutan. Penggunaan pendingin udara dan pemakaian gan freon atau CFC memperparah keadaan yang ,memang sudah parah. Pencemaran air hasil limbah pabrik, pencemaran air oleh masuknya makhluk, zat dan benda-benda yang tak semestinya ada disitu mengakibatkan tidak seimbangnya dan berkurangnya kualitas air saat ini. Pencemaran udara yang diakibatkan hasil pembakaran tidak sempurna di mesin-mesin. Pencemaran udara yang mengakibatkan kebisingan yang berujung pengaruh psikologis manusia. Nah inilah yang menjadikan green hause effect atau efek rumah kaca yang berdampak pada pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar