BACA KOMIK DALAM BAHASA INDONESIA TERBARU !

Selasa, 20 Desember 2011

ISBD: MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Sering kita lihat ataupun dengar kata budaya, budaya dikalangan umum bisa berarti kebiasaan atau hal yang biasa dilakukan turun temurun sebagai tradisi. Namun secara bahasa, budaya berasal dari bahasa sanskerta budhayah yang kata jamak dari buddhi yg berarti budi atau akal, budaya juga dalam bahasa inggris disebut culture. Coba kita bandingkan dengan pendapat beberapa ahli dari indonesia seperti Koentjaraningrat yang mengartikan kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan milik diri manusia dengan belajar dan Selo Soemardjan yang mengatakan bahwa kebudayaan semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Tentu berbeda dengan pendapat umum.
            Bentuk dari kebudayaan bisa berbeda-beda, wujud kebudayaan biasanya ada 3 yaitu: pertama berupa ide-ide atau gagasan serta norma-norma, peraturan yg ada. Kedua berupa aktivitas dan tindakan yang biasa dilakukan manusia dalam bermasyarakat. Ketiga berupa wujud nyata atau benda-benda hasil buah tangan (karya) manusia.
            Sifat budaya disetiap masyarakat tidaklah sama, di Indonesia sendiri yang terdiri dari banyak suku bangsa menjadikan banyaknya jenis budaya. Namun ada juga banyak hal umum yang bersifat sama diantara kebudayaan yang ada, ini disebut dangan sifat hakiki. Persamaan tersebut bisa terlihat dari perwujudan budaya dalam kebiasaan atau perilaku manusia  serta aturan-aturan berupa kewajiban, tindakan yang diterima masyarakat, dan larangan yang berlaku.
            Budaya berisi berbagai macam ide gagasan bersifat abstrak yang memberikan warna dalam masyarakat. Baik dalam bentuk 1)pengetahuan meliputi pemahaman akan alam sekitar, bahan-bahan makanan, benda-benda dalam lingkungan sifat dan tingkah laku antar manusia, dan pemahaman ruang dan waktu. 2)Nilai-nilai yang berarti sesuatu yang dianggap penting dan dicita citakan masyarakat. 3)pandangan hidup sebagai pedomanbagi masyarakat untuk mencapai cita-cita. 4)kepercayaan terhadap sesuatu zat yang memberikan kehidupan (Tuhan). 5)sudut pandang dalam memahami sesuatu, dan 6)watak khas yang ada dalam masayarakat.
            Dulu saat masih kecil saya sering melakukan hal yang dianggap nakal, sehingga sering saya mendengar istilah”gak ada adat mu ya”. Kata Adat disini artinya apa ya ? saya akan memberikan contoh seperti Disetiap daerah ada beberapa kebiasaan, missal dalam acara syukuran yang biasa disebut kenduri, ini merupakan adat istiadat masyarakat setempat dalam rangka mensyukuri nikmat tuhan. Jadi, Adat istiadat sendiri adalah gagasan, pikiran-pikiran, konsep, dan keyakinan yang merupakan bagian dari kebudayaan. Dalam adat istiadat terdapat juga system norma yang berfungsi menata dan menetapkan tindakan dan tingkah laku manusia.
            Kebudayaan dibagi menjadi dua jenis yaitu kebudayaan material dan non-material. Kebudayaan material adalah kebuadayaan yg dapat dilihat, disentuh dan dirasakan yang berwujud benda dan barang-barang kerajinan seperti candi, rumah maupun lukisan, kebudayaan non-mterial adalah sesuatu yg hanya dapat kita rasakan keberadaanya tetapi tidak dapat dilihat dan disentuh, biasanya berbentuk ilmu pengetahuan, system, aturan, dan kebiasaan adat istiadat.
Manusia adalah pencipta sekaligus pengguna kebudayaan, terciptanya kebudayaan adalah hasil dari aktivitas kehidupan manusia dalam berhubungan dengan lingkungannya. Sehingga manusia dapat menciptakan kebudayaan demi keteraturan tata hidup dan mempermudah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Seperti halnya manusia menciptakan teknologi, yang berfungsi membantu serta mempermudah manusia. Sehingga kebudayaan memiliki peran sebagai a)pedoman antar manusia b)tempat menyalurkan bakat c)memberi perbedaan antara manusia dengan binatang d)pengatuturan tata hidup e)sebagai dasar pembangunan.
Kebudayaan juga mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Karena perilaku manusia berasal dari kebudayaanya. Seperti budaya antri, membuang sampah pada tempatnyam budaya tidak jorok atau tidak tahan terhadap lingkungan yang kotor dapat memberi hal positif kepada lingkungan. Namun apabila budaya yang tidak baik juga ikut berkembang, maka akan membawa dampak negative. Seperti kebiasaan merokok, hidup modern yang tidak ramah lingkungan.
Perkembangan kebudayaan saat ini sangat terpengaruh dari perilaku manusia, pengaruh globalisasi dan kepercayaan. Sehingga menyebabkan bergesernya tradisi lama ke tradisi baru yg dianggap mudah, sederhana dan tidak membuang waktu. Namun tanpa disadari hal ini membawa dampak buruk yang mematikan budaya luhur bangsa. Pengaruh globalisasilah yang sangat berpengaruh disini.
Perubahan kebudayaan dipengaruhi adanya perubahan lingkungan, penemuan baru, meniru budaya bangsa lain dan termodifikasinya kebudayaan. Namun dengan adanya perubahan kebudayaan, pemikiran manusia juga akan semakin maju sehingga membawa manfaat bagi seluruh umat manusia. Bukan sebaliknya malah manusia kembali primitive.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar