BACA KOMIK DALAM BAHASA INDONESIA TERBARU !

Minggu, 04 Maret 2012

Ini Dia si Pelepas Dahaga : Air Tebu

liat judulnya aja udah asik, boleh donk kita tau sebenarnya kalo kita minum air tebu itu ada gak nilai plusnya, cekidot ! 

Hambat Plak
Tak salah jika martin tiap hari mengkonsumsi air tebu. Dosis konsumsi 2 x setiap hari, masing-masing 1 gelas. Segelas air tebu diperoleh 4-5 ruas batang. Mula-mula tebu dikupas kulitnya dan di cuci, lalu diperas dan diambil airnya.
Tebu mengandung senya octacosanol sejenis alcohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalm darah.  Octacosanol juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan ia perlindungan terhadap oksidasi protein darah.
Menurut hasil riset  National center for scientific Research Havana Kuba. Octacosanol menekan sintesa kolesterol yang diu produksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA--Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol. Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping. 
Pasien diabetespun aman mengkonsumsi tebu. Sebab, pemberian policasanol 10 mg per hari  menunjukkan penurunan total kolesterol 17,5% dan DDL-kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL –Kolesterol meningkat 11,3%.

AntiDiabetes
Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum Ia mampu mengatasi diabetes”paparnya ketika ia ditemui TRUBUS. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.
Tebu juga mengandung asam lemak yang memiliki efek anti radang dan analgetik. Ini dibuktikan dengan pemberian suatu campuran asam lemak yang diisolasi dari tebu kepada tikus. Tikus yang kesakitan setelah diletakkan diatas piring panas dan diberi asam asetat, menjadi tenang setelah minum larutan itu.
Secara tradisional masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptic, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kangker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Gula tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor dbagian perut. Jadi manfaat tebu tak hanya sebatas untuk bahan baku gula pasir saja. TRUBUS 422, JANUARI 2005 (XXX)

KESIMPULAN:
MANFAAT AIR TEBU
1.      Menurunkan kolesterol dalam darah
2.      Menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.
3.      Mengatasi diabetes
4.      Anti racun
5.      Antiseptic
6.      Bakterisida
7.      Penguat jantung/jantung koroner
8.      Pengencer dahak
9.      Obat lambung
10.  Mengobati kangbati tumor
12.  Mengobati luka
13.  Mengobati gonore dan gangguan vagina

MANFAAT AMPAS TEBU
1.      Menutup luka
2.      Membalut patah tulang

KANDUNGAN ZAT DALAM AIR TEBU
1.      Octacosanol
2.      Sakaran-senyawa antidiabetik
3.      Asam Lemak


sumber: http://www.freewebs.com/teguhsubianto/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar